Bikin Paspor Tidak Sesuai Domisili – Tips dan Trik

Bikin Paspor Tidak Sesuai Domisili – Tips dan Trik

Mungkin ada beberapa dari kita yang berpikir bahwa membuat paspor tidak perlu mengikuti domisili. Namun, apakah kamu tahu bahwa membuat paspor sesuai domisili itu memberikan banyak keuntungan? Yuk, simak tips dan trik berikut ini!

Kenapa Harus Bikin Paspor Sesuai Domisili?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus membuat paspor sesuai domisili. Pertama, saat kamu bepergian, paspor dengan alamat sesuai domisili tidak akan menimbulkan kecurigaan dari petugas imigrasi. Kedua, jika kamu butuh bantuan dari Kedutaan Besar Indonesia di negara yang kamu kunjungi, alamat sesuai domisili akan memudahkan proses pengurusan dokumen.

Tips Bikin Paspor Sesuai Domisili

Untuk membuat paspor sesuai domisili, kamu hanya perlu mengikuti tips dan trik berikut ini:

  1. Pastikan kamu memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dengan alamat yang sesuai domisili. Jika alamat KTP kamu berbeda dengan domisili, silakan urus perubahan alamat terlebih dahulu.
  2. Pastikan kamu memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dengan alamat yang sesuai domisili. NPWP dibutuhkan untuk urusan administrasi perpajakan di Kedutaan Besar Indonesia.
  3. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk membuat paspor, seperti KTP, NPWP, surat nikah (jika sudah menikah), dan surat izin dari orang tua (jika belum berusia 17 tahun).
  4. Siapkan biaya untuk membuat paspor. Biaya paspor biasanya berbeda-beda tergantung jenis dan keperluan paspor.
  5. Jangan lupa untuk membuat janji temu di kantor Imigrasi terdekat. Kamu bisa mengunjungi situs resmi Imigrasi untuk membuat janji temu.
  6. Jangan lupa untuk menunjukkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat datang ke kantor Imigrasi. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan.
  7. Tunggu proses penerbitan paspor selesai. Biasanya proses ini memakan waktu beberapa hari atau minggu tergantung banyaknya permohonan paspor yang masuk.
  8. Setelah paspor jadi, jangan lupa untuk melakukan pencetakan visa dan mengisi biodata diri. Hal ini diperlukan jika kamu ingin bepergian ke luar negeri.

Kesimpulan

Bikin paspor tidak sesuai domisili memang bisa saja dilakukan. Namun, banyak keuntungan yang bisa didapat dengan membuat paspor sesuai domisili. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu bisa membuat paspor sesuai domisili dengan mudah dan aman.

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan menjaga keamanan paspormu. Selamat membuat paspor sesuai domisili dan selamat berpetualang!