Membuat E Paspor Di Bali

Membuat E Paspor Di Bali

Apabila kamu sedang berencana untuk bepergian ke luar negeri, maka kamu membutuhkan paspor sebagai dokumen resmi untuk keperluan perjalananmu. Paspor sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah E Paspor atau Electronic Passport. E Paspor merupakan jenis paspor yang menggunakan teknologi chip untuk menyimpan data pribadi pemilik paspor. E Paspor juga lebih aman dan efektif digunakan untuk melakukan perjalanan internasional.

Syarat Membuat E Paspor Di Bali

Untuk bisa membuat E Paspor di Bali, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki KTP dan KK asli
  • Belum pernah memiliki atau melakukan perpanjangan paspor elektronik
  • Membawa fotokopi KTP dan KK sebanyak 2 lembar
  • Membawa pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
  • Surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja (jika diperlukan)

Prosedur Membuat E Paspor Di Bali

Setelah kamu memenuhi persyaratan di atas, kamu bisa mengikuti prosedur berikut untuk membuat E Paspor di Bali :

  1. Langkah pertama adalah melakukan pendaftaran online di website resmi Kantor Imigrasi Bali. Kamu bisa mengisi formulir aplikasi paspor secara online dan mencetak formulir tersebut untuk dibawa ke kantor imigrasi.
  2. Setelah melakukan pendaftaran online, kamu harus melakukan konfirmasi datang ke kantor imigrasi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Pastikan kamu membawa semua dokumen yang diperlukan.
  3. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke loket verifikasi persyaratan. Petugas akan memeriksa semua dokumen yang kamu bawa.
  4. Jika semua persyaratan terpenuhi, kamu akan diminta untuk membayar biaya administrasi sesuai dengan jenis paspor yang kamu pilih.
  5. Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan diminta untuk melakukan pengambilan sidik jari dan pas foto. Kamu juga akan dipanggil untuk melakukan wawancara singkat sebelum proses pengajuan paspor selesai.
  6. Setelah semua proses selesai, kamu akan diberikan tanda terima dan diberitahukan kapan paspor kamu bisa diambil.

Biaya Membuat E Paspor Di Bali

Biaya untuk membuat E Paspor di Bali tergantung pada jenis paspor dan lama berlakunya paspor tersebut. Berikut adalah rincian biaya untuk membuat E Paspor di Bali :

Jenis Paspor Lama Berlaku Biaya
Paspor Biasa 5 tahun Rp. 355.000
Paspor Biasa 10 tahun Rp. 655.000
Paspor Dinas 5 tahun Rp. 655.000
Paspor Diplomatik 5 tahun Rp. 355.000
Paspor Diplomatik 10 tahun Rp. 655.000

Kesimpulan

Membuat E Paspor di Bali tidaklah sulit, asalkan kamu memenuhi syarat dan mengikuti prosedur dengan benar. Pastikan kamu membawa semua dokumen yang diperlukan dan membayar biaya administrasi sesuai dengan jenis paspor yang kamu pilih. Dengan memiliki E Paspor, kamu bisa melakukan perjalanan internasional dengan lebih aman dan efektif.