Pembuatan Paspor Tanpa Online

Apakah Anda ingin membuat paspor tapi tidak ingin menggunakan layanan online? Berikut ini adalah panduan untuk membuat paspor tanpa harus menggunakan layanan online.

Langkah Pertama: Persiapkan Dokumen

Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen berikut sebelum mengajukan permohonan paspor:

  • Surat permohonan paspor
  • Salinan KTP
  • Salinan buku nikah (jika sudah menikah)
  • Salinan akta kelahiran (jika belum menikah)
  • Salinan kartu keluarga (KK)
  • Surat keterangan kerja (jika berprofesi sebagai pegawai)

Langkah Kedua: Kunjungi Kantor Imigrasi

Setelah Anda mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, kunjungi kantor imigrasi terdekat. Pastikan Anda datang pada hari dan jam kerja kantor imigrasi.

Di kantor imigrasi, Anda akan diminta mengisi formulir permohonan paspor. Formulir ini dapat Anda dapatkan di kantor imigrasi atau download melalui situs web kantor imigrasi.

Langkah Ketiga: Bayar Biaya Administrasi

Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta membayar biaya administrasi pembuatan paspor. Biaya administrasi pembuatan paspor di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis paspor yang Anda inginkan dan lama proses pembuatannya.

Langkah Keempat: Ambil Sidik Jari dan Foto

Setelah membayar biaya administrasi, Anda akan diminta untuk mengambil sidik jari dan foto. Sidik jari dan foto ini akan digunakan pada paspor Anda.

Langkah Kelima: Tunggu Prosedur Selesai

Setelah mengambil sidik jari dan foto, Anda hanya perlu menunggu proses pembuatan paspor selesai. Proses pembuatan paspor biasanya memakan waktu sekitar 5-10 hari kerja.

Kesimpulan

Meskipun layanan online memudahkan kita untuk membuat paspor, tidak semua orang merasa nyaman untuk menggunakan layanan tersebut. Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan layanan online, Anda masih bisa membuat paspor dengan cara manual seperti yang dijelaskan di atas. Selamat mencoba!