Syarat Bikin Paspor Untuk Bayi

Buat para orang tua, memiliki anak adalah suatu kebahagiaan yang tak tergantikan. Namun, seiring bertambahnya usia anak, para orang tua harus mempersiapkan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan anak. Salah satu persiapan yang tak boleh diabaikan adalah membuat paspor untuk bayi.

Tentang Paspor Bayi

Paspor bayi adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia sebagai identitas anak yang masih berusia di bawah lima tahun. Paspor ini diperlukan jika si kecil akan bepergian ke luar negeri bersama orang tua atau keluarga. Namun, untuk membuat paspor bayi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Membuat Paspor Bayi

Untuk membuat paspor bayi, ada beberapa dokumen dan persyaratan yang harus disiapkan. Berikut adalah syarat membuat paspor bayi:

  • Akta Kelahiran
  • Dokumen akta kelahiran asli bayi harus disiapkan sebagai bukti identitas bayi. Jika akta kelahiran belum tersedia, maka bisa menggunakan surat keterangan lahir dari rumah sakit.

  • KTP Orang Tua
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli orang tua harus disiapkan dan dibawa pada saat mengurus paspor bayi. KTP yang digunakan harus sesuai dengan domisili ayah atau ibu bayi.

  • Surat Kuasa
  • Jika orang tua tidak bisa hadir langsung saat mengurus paspor bayi, maka perlu membuat surat kuasa yang ditandatangani oleh kedua orang tua.

  • Pas Foto Bayi
  • Pas foto bayi berwarna dengan ukuran 4×6 cm harus disiapkan. Pas foto bayi harus diambil dalam waktu tiga bulan terakhir.

  • Materai
  • Materai senilai Rp. 6000,- harus disiapkan untuk memproses paspor bayi.

Cara Mengurus Paspor Bayi

Setelah semua persyaratan terpenuhi, para orang tua bisa mengurus paspor bayi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bawa semua dokumen dan persyaratan ke kantor Imigrasi terdekat yang memiliki layanan pembuatan paspor.
  2. Mengisi formulir permohonan paspor bayi dan melampirkan dokumen yang dibutuhkan.
  3. Bayar biaya yang diperlukan dan tunggu proses verifikasi dokumen. Jika semua dokumen lengkap dan benar, paspor bayi akan selesai dalam waktu 5-7 hari kerja.
  4. Ambil paspor bayi di kantor Imigrasi dengan membawa kwitansi pembayaran.

Kesimpulan

Bagi para orang tua, mempersiapkan kebutuhan bayi saat bepergian adalah hal yang tak boleh diabaikan. Membuat paspor bayi adalah salah satu persiapan penting untuk memenuhi kebutuhan si kecil saat berpergian ke luar negeri. Dengan memenuhi syarat dan mengikuti prosedur yang berlaku, para orang tua bisa dengan mudah mengurus paspor bayi untuk si kecil.